Makanan yang Dilarang Saat Haid – datang bulan adalah hal normal yang selalu didapatkan oleh wanita setiap bulannya. Jika datang bulan tidak teratur maka ada yang salah dengan rahim Anda. Jika Anda sudah tidak haid lagi maka kemungkinan hamil sangat tinggi atau karena beberapa masalah lainnya haid bisa saja tidak lancar.

Terkait dengan lancar atau tidaknya haid yang dialami, Anda perlu tahu apa saja makanan yang dilarang ketika haid. Sebagian besar makanan ini bisa memberikan efek buruk pada rahim ketika terjadi haid. Perut yang kram bisa bertambah parah atau perdarahan yang tiba-tba berhenti bahkan bisa lebih banyak.

6 Daftar Makanan yang Dilarang Saat Haid Ini Perlu Kamu Hindari 

Makanan adalah salah satu pemicu terjadinya haid yang tidak normal. Pola hidup yang sehat dimulai dari makanan adalah hal terpenting yang harus diingat dan dijalani. Nah ledies, berikut ini daftar makanan yang harus dihindari pada saat kalin mengalami haid.

Baca Juga: Resep nasi Tumpeng Enak

1. Makanan dengan kadar garam tinggi

Apakah Anda suka keripik kentang berbumbu? Atau suka sekali dengan makanan cepat saji seperti mi instan? Makan-makanan ini akan terasa asin dan sangat menggunggah selera. In dikarenakan kandungan garam yang terdapat dalam makanan-makanan tersebut tinggi. Memang enak namun amankah bagi kalian yang sedang haid?

Wanita yang sedang haid akan lebih mudah atau cepat merasa kembung. Pertu kembung ini disebabkan kadar asam yang naik. Kadar asam ini disebabkan banyaknya makanan yang memliki kandungan garam sangat tinggi sering dikonsumsi.

Nah pada saat haid rasa kembung ditambah nyeri tidak tertahankan akan terjadi jika Anda tidak mengurangi makanan dengan kadar garam yang tinggi. Oleh sebab itu kadar garam tinggi adalah makanan yang dilarang saat haid.

2. Daging merah

Siapa yang tidak menyukai daging selain vegetarian? Konsumsi daging memang baik namun harus dilakukan dengan cara yang tepat. Mengkonsumsi daging merah seperti steak setengah matang dilarang bagi Anda yang sedang mengalami haid. Daging merah memiliki kandungan lemak tak jenuh sangat tinggi.

Kandungan lemak tak jenuh akan menimbulkan perut terasa kram dan nyeri pada saat haid. Anda harus menghindari makan daging merah namun bisa menggantinya dengan daging ikan seperti salmon.

3. Kopi

Selain makanan Anda juga harus menghindari minuman yang mengandung kafein seperti kopi. Kafein yang terdapat dalam kopi akan mempengaruhi mood Anda yang sedang haid. Kafein akan menimbulkan gejala susah tidur, cemas dan berdebar yang sangat mempengaruhi mood menjadi buruk. Kafein tidak hanya terdapay pada minuman saja namun juga terdapat pada makanan yang diolah menggunakan kopi seperti cake.

4. Gorengan

Nikmantnya menyantap hidangnan gorengan memang tiada duanya. Gorengan yang hangat bisa dibuat dari gurih dan manis. Namun makanan ini tidak baik dikonsumsi ketika Anda sedang haid. Alasannya adalah di dalam gorengan terdapat banyak lemak. Lemak akan membuat perut kembung sama seperti garam.

Lemak berlebih dalam perut yang sedang haid akan menghambat proses pelepasan sel dalam rahim. Pastikan Anda tidak mengkonsumsi banyak gorengan bahkan daging yang digoreng seperti sosis.

5. Keju

Sama seperti gorengan keju juga mengandung banyak lemak. Selain lemak keju yang terbuat dari susu ini memiliki kandungan asam arakidonat yang merupakan asam pemicu timbulnya asam lambung. Anda pasti dapat merasakan sendiri ketika menjalani haid beserta dengan asam lambung yang naik.

Ini akan berbahaya bagi tubuh Anda dan haid menjadi tidak lancar. Selain itu menghindari kram perut juga sulit dihidari ketika Anda mengkonsumsi keju. Selain keju produk olahan susu lain seperti yoghurt dan yakult akan membuat perut bertambah kram.

6. Makanan dengan pemanis buatan

Tidak hanya penderita diabetes saja yang harus menghindari makanan dengan kandungan pemanbis buatan. Aslinya pemanis buatan adalah ekstrak kimia yang sangat berbahaya bagi tubuh. Bahkan orang yang sehat dan mengkonsumsi makanan atau minuman dengan pemanis buatan terus menerus akan merusak jaringan tubuh.

Wanita yang sedang haid juga tidak boleh mengkonsumsi pemanis buatan. Rasa manis yang amat sangat akan meningkatkan gula dalam darah. Ketika gula darah naik maka rasa kram perut juga akan muncul. Selain itu gangguan haid seperti tidak lancar juga dapat terjadi.

Menghindari makanan yang dilarang saat haid sudah pasti harus diperhatikan. Lalu apa saja makanan yang dianjurkan saat haid? Tentu saja jenis makanan sehat seperti buah dan sayuran adalah jenis makanan utama yang sangat dianjurkan.

Buah adalah makanan dengan kandungan gula alami yang aman dikonsumsi saat haid. Hanya saja jika Anda mengolahnya menjadi jus jangan tambahkah gula dan juga susu karena akan menngkatkan gula darah. Perbanyak minum air putih akan mendehidrasi tubuh dan membuat sistem kekebalan tubuh tetap baik.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *