ASRock X99 Extreme4 dan FIN888 – Peserta tes pertama datang dari ASRock. Dinamakan X99 Extreme4, motherboard ini hadir dengan harga yang paling rendah. Walau begitu, motherboard ini tetap memiliki kelebihan tersendiri. Motherboard ini telah mendukung quad channel DDR4 hingga 128 GB. Tidak hanya itu, X99 Extreme4 juga mendukung feature ECC pada RAM jika prosesor yang digunakan adalah Intel Xeon. Ini sangat berguna bagi yang ingin membangun server dengan chipset X99. Feature unik lainnya adalah HDD saver.

Feature ini berguna untuk mengontrol daya HDD, sehingga memungkinkan pengguna untuk mematikan atau menyalakan hingga 2 HDD yang telah dikonfigurasi. Motherboard dengan dimensi ATX ini memiliki tampilan yang sederhana. Tidak ada warna mencolok karena motherboard ini bukan tipe gaming. Yang cukup mengundang perhatian adalah adanya PCB audio terpisah yang dinamakan Puri ty Sound. Kapasitor yang digunakan untuk mendukung audio adalah Nichicon Gold. Dukungan DTS Connect membuat kualitas suara yang dihasilkan menjadi optimal. Mengenai slot PCIe, motherboard ini mengusung 4 slot PCIe x16 dan 1 slot PCIe x1. Dari 4 slot x16, 3 di antaranya merupakan generasi ketiga.

Jika prosesor yang digunakan memiliki 40 PCIe lane, pengguna dapat menikmati 3-way SLI / CrossfireX dalam mode x16/x16/x8. Di antara slot PCIe, terdapat 1 slot M.2 yang dinamakan Ultra M.2. Ultra M.2 ini langsung terhubung ke prosesor, sehingga menghasilkan performa maksimal dengan latency yang lebih kecil. Baiknya lagi, motherboard ini mendukung 5 tipe dimensi M.2, mulai dari 30 mm hingga 110 mm, sehingga memberikan fleksibilitas lebih bagi pengguna dalam memilih storage M.2. Berbicara mengenai kelengkapan, motherboard ini tergolong irit. Faktor harga disinyalir berpengaruh besar terhadap kelengkapan yang dibawa. Motherboard ini hanya memiliki kelengkapan standar seperti manual, I/O shield, 4 kabel SATA, 2 SLI bridge, dan 1 kabel untuk HDD saver. X99 Extreme4 telah dilengkapi dengan konektor Thunderbolt 2. Sayangnya, pengguna harus membeli add in card terpisah agar dapat menggunakan fitur ini.

Sumber : net89.net

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *