Depresi Kehamilan Pada Papa bag2

Penelitian dari University of South Florida menemukan, Papa yang mendukung pasangannya selama kehamilan menurunkan risiko kematian anak selama tahun pertama kehidupannya. Sementara bayi tanpa ayah atau yang ayahnya tidak mendukung kehamilan sang ibu, lebih tinggi risikonya lahir dengan berat rendah ataupun prematur. Tingkat kematian bayi yang ayahnya tidak mendukung sang ibu selama hamil empat kali lebih tinggi dibandingkan bayi dengan ayah yang peduli.

Baca juga : Tes Toefl Jakarta

Ketiadaan atau kurangnya dukungan pasangan pada mamil?ditambah ketidaksiapan Mama sendiri menyambut kehamilan dan peran barunya sebagai ibu?ini, selain dapat memicu terjadinya depresi pada Mama, juga akan memengaruhi pertumbuhan janin. Kadar hormon kortisol (hormon yang dikeluarkan tubuh saat stres) yang tinggi meningkatkan risiko kelahiran prematur, berat lahir rendah, gangguan pertumbuhan janin hingga gangguan tumbuh kembang bayi setelah lahir. Mama yang depresi pun cenderung menyakiti diri sendiri dan kehamilannya, semisal tidak mau makan hingga melakukan upaya bunuh diri. Itulah mengapa, dukungan Papa pada Mama selama hamil menjadi sangat penting.

UBAH POLA PIKIR, SIAPKAN MENTAL Nah, agar tidak dilanda depresi kehamilan dan dapat mendukung Mama selama kehamilannya, Papa perlu mengubah pola pikir dan menyiapkan mentalnya. Jangan terlalu lama untuk “menyangkal” peran baru sebagai seorang ayah beserta segala konsekuensinya. Papa bisa membicarakannya dengan rekan atau kerabat yang sudah lebih dahulu menjadi ayah.

Biasanya sharing pengalaman lewat percakapan sesama lelaki akan sanga

 

t membantu Papa mengatasi keresahan dan akan membuat lebih memantapkan mental menyambut sang calon buah hati. Kemudian, jika Papa selama dua minggu atau lebih secara terus-menerus mengalami gejala-gejala depresi, segeralah berkonsultasi dengan psikolog. Dengan terbebas dari depresi, Papa dapat memberikan dukungan yang dibutuhkan oleh Mama sehingga Mama dapat menjalani kehamilannya dengan nyaman. Janin pun tumbuh sehat.

2 BENTUK DUKUNGAN PENTING PAPA PERTAMA: MEMBERIKAN KETENANGAN PADA MAMA. Seiring dengan perubahan hormonal, pada trimester 2 ini Mama dapat mengalami sejumlah perubahan fisik, seperti munculnya flek hitam pada kulit dan stretch marks.

Sumber :

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *