Eksplor Asi Sunyi Anggi Noen Bag3

Ini mungkin mengakibatkan flm-flm Anggi terlihat tidak berambisi memiliki production value yang tinggi, tapi terasa sangat dekat dengan kenyataan. ”Saya akan merasa berkhianat kalau bikin flm puluhan miliar rupiah untuk karakter seperti Wiji Thukul hanya untuk kepentingan sinema,” ujar Anggi, yang menambahkan bahwa dia percaya production value (nilai produksi sebuah flm) harus ada untuk kepentingan narasi, bukan untuk gagah-gagahan.

Satu hal yang juga layak disebutkan adalah kemampuan Anggi mengarahkan pemain. Gunawan Maryanto dan Marissa Anita sebagai pemeran utama berhasil memerankan Wiji Thukul dan Sipon dengan brilian. Tentu saja ini tidak lepas dari keduanya yang memang sangat berbakat dan memiliki latar belakang seni peran yang kuat. Anggi berhasil menjaga akting semua pemainnya dalam satu napas dan meyakinkan.

Untuk Istirahatlah Kata-kata, Anggi melakukan pendekatan yang unik dalam mempersiapkan pemain. Pada saat sutradara lain menuntut pemain meniru perilaku fsik tokoh yang kisah hidupnya diangkat ke dalam flm, Anggi membebaskan pemainnya. Ia memberikan peluang kepada pemain untuk menghidupkan karakter tokoh yang mereka perankan dengan pemahaman mereka masing-masing.

Bahkan Marissa Anita tidak dipertemukan dengan Sipon sebelum syuting. Anggi percaya bahwa pendekatan ini akan membuat karakter dalam flm lebih hidup dan meyakinkan, ketimbang terlihat mencoba meniru tokoh nyata. Anggi menyampaikan, untuk flm terbarunya setelah Istirahatlah Kata-kata, dia siap melakukan eksplorasi baru dan lebih kompleks.

Judul flm baru Anggi adalah The Science of Fictions, yang berlatar tahun 1961 dan bercerita tentang seorang petani dari Bantul yang menyaksikan pengambilan gambar untuk pendaratan pertama manusia di bulan di Pantai Parangkusumo. Konsistensi Anggi untuk berani mengambil risiko dan bereksplorasi dalam sinema menjadikannya salah satu sineas Indonesia yang paling menarik dan menjanjikan saat ini.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *