Membuka dokumen

Untuk membuka sebuah dokumen .doc atau .xls, pengguna bisa mengaksesnya baik dari Google Drive sendiri atau dari fle direktori yang tersimpan dalam penyimpanan smartphone. Kedua aplikasi ini kompatibel dengan aplikasi Microsoft Offce versi desktop yang populer, sehingga memudahkan banyak pengguna.

Baca juga : Net89

Setelah membuka aplikasi Docs atau Sheets, halaman utama aplikasi ini menampilkan deretan dokumen yang tersimpan di Google Drive. Di bagian atas terdapat deretan menu-menu untuk memulai menggunakan aplikasi, seperti menu sidebar Docs yang akan memunculkan deretan menu baru seperti dokumen terakhir yang diakses, dokumen yang diberi tanda bintang, serta membuka dokumen yang tersimpan dalam perangkat.

Menu Settings juga terdapat dalam menu sidebar ini. Di bagian paling bawah, terdapat tombol pintas untuk mengakses Google Drive. Selain itu, menu lain yang terdapat adalah tombol Search untuk mencari dokumen yang diinginkan. Di sampingnya, terdapat tombol dengan ikon folder. Jika diklik, maka akan memunculkan semua konten yang terdapat dalam Googe Drive.

Direktori dan struktur folder

Pengaturan direktori dalam Google Drive menjadi sediikit membingungkan akibat Google memecah dua fungsi penyimpanan dan editing-nya. Misalnya, jika Anda memiliki sebuah folder di Google Drive untuk menyimpan fle dokumen, namun ingin membuat dokumen baru, Anda bisa melakukannya dengan menekan tombol +. Setelah itu, aplikasi editing akan ditampilkan, entah Docs atau Sheets tergantung yang Anda inginkan.

Di halaman aplikasi tersebut, Anda juga harus menekan tombol + lagi untuk membuat dokumen baru. Namun, Google menyimpan semua fle dokumen tersebut dalam direktori Google Drive, bukan di direktori masing masing tipe dokumen. Untuk memindahkannya, Anda bisa melakukannya dengan membuka halaman Google Drive, lalu pada dokumen yang dimaksud, tekan tombol Info (logo ā€œiā€) di ujung nama dokumen, dan pilih menu Move To.

Setelah itu Anda bisa memilih destinasi folder yang diinginkan. Agak merepotkan memang bagi pengguna yang suka mengatur dokumen-dokumennya secara rapi. Yang lebih membingungkan lagi, struktur fle Google Drive tidak muncul dalam aplikasi Sheets atau Docs. Alih-alih, Anda disediakan dengan daftar fle yang pernah diakses dan pernah diedit dalam aplikasi tersebut. Daftar tersebut ditampilkan tanpa menu hirarki seperti layaknya di Google Drive.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *