Bingung memilih karpet yang sesuai untuk dekorasi ruangan di dalam rumah? empat hal ini perlu Anda pertimbangkan sebelum membelinya. Karpet alias permadani merupakan salah satu aksesori rumah yang kini banyak digunakan. Awalnya, karpet yang diletakkan di atas lantai berfungsi untuk memberi kenyamanan saat duduk agar pakaian tidak kotor terkena debu lantai.

Baca juga : Jual Genset Makassar

Selain itu, karpet juga digunakan sebagai alas kaki agar tidak langsung merasakan dinginnya lantai rumah. Kini, kehadirannya tidak lagi sekadar sebagai penutup lantai. Karpet juga dapat memberikan warna tersendiri bagi ruangan. Dengan pilihan motif dan warna yang mencolok, ia bisa digunakan sebagai aksen. Bahan karpet yang lembut, juga bisa menciptakan kenyamanan sehingga menjadikan suasana rumah terasa kian akrab.

Agar kehadiran karpet bisa memberi efek seperti yang diinginkan, maka memilih dan menata karpet tidak boleh asalasalan. Jika pemilihannya tidak tepat, kehadirannya justru berdampak negatif pada ruangan. Karenanya, agar kehadirannya bisa membuat ruangan tampil menarik dan mampu menghangatkan suasana, pemilihan dan penataannya harus pas.

Pasalnya, karpet yang tengah beredar pada saat ini mempunyai banyak variasi, mulai dari jenis bahan, warna, panjang benang, ukuran, dan motif. Menurut Inge Mulyadi dari Aristocrat, distributor karpet yang berada di Mal Ratu Plaza Jakarta, ada 4 hal yang perlu diperhatikan dalam memilih karpet. Inilah hal-hal tersebut.

Jenis karpet sebaiknya disesuaikan dengan tema atau konsep ruangan yang Anda ciptakan. Jika Anda memilih tema klasik, karpet Persia dan sejenisnya akan menjadi pilihan yang tepat. Akan tetapi jika Anda ingin menampilkan kesan klasik modern, pilihlah karpet berpola dari Eropa yang tidak terdapat banyak detail.

Untuk tema ruangan modern bernuansa minimalis, Anda dapat memakai karpet dengan warna lembut dan bermotif, misalnya motif bergaris ataupun motif kotak-kotak. Tema ruang berkaitan dengan pilihan bentuk, warna, dan motif karpet. Misalnya, jika Anda menginginkan penataan bergaya klasik, sebaiknya pilih karpet bertema klasik. Jenis karpet sebaiknya disesuaikan dengan tema atau konsep ruangan yang Anda ciptakan. Jika Anda memilih tema klasik, karpet Persia dan sejenisnya akan menjadi pilihan yang tepat.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *