Membuat Gambar Vector di Illustrator ala Net89 | Berkreasi dengan Adobe Illustrator tidak sesulit yang Anda bayangkan. Tutorial sederhana ini akan membantu Anda dalam mempelajari sofware ini lebih mendalam. Jika Anda sering menggunakan software Office seperti Microsoft Word atau Power Point, Anda pasti familiar dengan Clip Art. Clip Art yang berada di aplikasi Office umumnya menggunakan gambar yang berbasis vec tor, meski ada juga yang bitmap. Hanya saja, membuatgambar vector memiliki ciri khas tersendiri dari susunannya yang terdiri dari blok-blok warna. Bagaimana cara mewujudkannya? Siapkah Anda menciptakan Clip Art buatan sendiri untuk dimasukkan ke dalam slide presentasi Anda?

  1. Setting halaman kerja Sebelum membuat Clip Art Anda di Illustrator, lakukanlah setting awal dengan memilih File | New. Kemudian pilihlah media kertas yang sesuai dengan yang Anda inginkan. A4 adalah ukuran kertas yang saya gunakan pada tutorial kali ini. Ingatlah bahwa Anda bisa mengubah posisi kertas dalam posisi tidur (landscape) atau berdiri (portrait) pada “Orientation”.
  2. Insert sketsa Setelah lembar kerja baru muncul, masukkanlah sketsa yang sudah Anda persiapkan ke dalam lembar kerja. Gunakanlah File | Place untuk menempatkan gambar. Besarkanlah bila perlu dengan mengarahkan kursor ke sudut gambar. Setelahnya, agar tidak mengganggu, lock layer gambar dengan meng-klik kotak kosong di panel “Layer”, tepat di sebelah icon bergambar mata.
  3. Menggambar dengan tool Gunakanlah Pen-Tool untuk memulai membuat gambarnya. Anda hanya perlu mengklik kiri, membuat beberapa poin di sekeliling bagian cangkang telur, hingga kembali ke titik awal Anda membuat gambar.
  4. Mewarnai Tidak seperti Photoshop yang menggunakan Foreground dan Background, Illustrator menggunakan aturan Fill dan Stroke. Fill adalah warna yang berada di dalam, sedangkan Stroke adalah garis tepi yang berada di luar. Aturlah warna sesuai kebutuhan. Jika tidak ingin memberikan warna, pilih tanda silang. Feature ini diperlukan jika Anda ingin menggambar outline terlebih dahulu dan memberi warna di saat sudah selesai.
  5. Menghapus warna Jika saat Anda mewarnai, objek di belakangnya tertutup oleh warna (Fill) seperti pada gambar, Anda bisa menghilangkan warna tersebut dengan memilih silang (None) pada bagian Fill. Langkah ini akan membuat gambar hanya memiliki outline saja (stroke) sehingga bagian lain seperti mata dan paruh dapat terlihat.

Sumber : net89.net

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *