Dalam acara syukuran, masyarakat Indonesia biasanya menyajikan nasi kuning tumpeng. Walaupun begitu, nasi box enak di Jakarta dan nasi kuning tumpeng juga dapat konsumsi sehari-hari. Apalagi, resep nasi kuning tumpeng tidaklah sulit dan dapat dimasak menggunakan alat masak biasa.

Bahan dan Cara Membuat Nasi Kuning

 Banyak jenis nasi kuning yang ada di Indonesia, tetapi yang paling banyak dikenal oleh masyarakat adalah nasi kuning tumpeng atau khas Jawa dan Bali. Berikut ini adalah resep nasi kuning tumpeng sederhana yang bisa kamu coba yang dikutip dari web souljournal.

  1. beras putih 1 kg atau secukupnya
  2. santan segar 900 ml atau dari parutan kelapa 1 buah
  3. kunyit yang diparut, diperas, direbus dan disaring 1 sendok
  4. garam 4 sdm
  5. serai geprek 1 batang
  6. daun salam 2 lembar
  7. jahe 4 cm
  8. lengkuas sekitar 2 cm
  9. bawang merah 5 siung
  10. bawang putih 4 siung
  11. daun pandan memar 2 lembar

Untuk resep nasi kuning tumpeng mini, kita bisa mengurangi porsi beberapa bahan di atas. Kita juga dapat mengganti warna nasi supaya lebih menarik. Setelah bahan siap, lakukan pemasakan nasi kuning seperti berikut yang dirangkum dari website soulofren.com.

  1. Bersihkan beras putih hingga air bekas cuciannya sudah terlihat bening atau tidak memiliki larutan. Lalu, tiriskan beberapa saat sebelum akhirnya dimasak setengah matang.
  2. Haluskan beberapa bumbu nasi seperti lengkuas, bawang merah, jahe, bawang putih, garam, dan penyedap rasa jika bersedia.
  3. Campurkan kunyit dan bumbu yang dihaluskan ke dalam santan. Masak air santan yang dicampur bumbu tersebut sampai mendidih.
  4. Supaya lebih enak, sebaiknya masak beras sebanyak dua kali. Pemasakkan pertama disebut mengaron nasi. Mengaron nasi adalah memasak nasi sampai setengah matang saja.
  5. Apabila nasi sudah setengah matang, matikan perapian. Aduk nasi sambil siram sedikit demi sedikit menggunakan air santan mendidih. Pastikan untuk menyaring santan terlebih dahulu.
  6. Apabila sudah merata, diamkan nasi aron beberapa saat sampai air santan terserap habis.
  7. Terakhir, masukan daun salam dan serai lalu masak nasi sampai benar-benar tanak.

Tips Supaya Nasi Lebih Enak

 

Tidak jarang nasi kuning terasa kurang enak meskipun resep sudah benar. Untuk itu, simak beberapa tips agar nasi kuning menjadi lebih enak, berikut ini.

  1. Campurkan sedikit beras ketan ke dalam beras bahan nasi kuning. Selain sebagai cara membuat nasi kuning yang enak, beras ketan akan mempermudah nasi untuk dibentuk mengerucut.
  2. Memasak hingga dua kali tahap akan membuatnya menjadi lebih tahan basi. Namun, untuk membuat nasi kuning secara instan, kita tidak perlu mengaron atau cukup memasaknya sekali saja seperti nasi biasa.
  3. Kita dapat menyimpan untuk beberapa saat nasi yang diaron atau dimasak setengah matang. Jika sudah akan disantap, maka kita bisa memasaknya hingga tanak dan bisa disajikan dalam kondisi hangat.
  4. Menggunakan santan segar dan diperas pada hari yang sama akan membuat nasi kuning menjadi lebih gurih. Perhatikan juga kualitas kelapa yang dijadikan santan karena akan mempengaruhi rasa.
  5. Selalu gunakan air mendidih untuk memasak mengaron atau menanakkan supaya nasi menjadi lebih bertekstur.

Menyiapkan Lauk Nasi Kuning

Ada banyak lauk instan yang bisa digunakan untuk menyantap nasi kuning tumpeng, seperti abon sapi dan sosis sapi. Akan tetapi, secara tradisional beberapa lauk yang digunakan pada nasi kuning tumpeng memiliki filosofi. Setidaknya, lauk untuk nasi kuning tumpeng adalah lauk berbahan dasar hewan darat, hewan air, dan sayuran tertentu.

Selain ayam ingkung, olahan ayam biasa mewakili lauk yang merupakan hewan darat. Untuk lauk dari hewan air, bahan yang digunakan adalah ikan lele yang menggambarkan ketangguhan hidup dan ikan teri atau petek yang menggambarkan kerukunan hidup berkoloni.

 

Tumis atau opor buah kluwih juga pasti hadir, sebagai perlambang keberlimpahan. Yang terakhir, lauk yang berasal dari sayuran adalah urap sayur yang terdiri dari bayam, kacang panjang, tauge, dan kangkung.

Itulah resep nasi kuning tumpeng yang mudah dan enak. Jika ingin sedikit inovasi, kita bisa menambahkan kacang merah besar pada beras. Beberapa orang juga mengganti santan dengan susu full cream untuk mendapatkan rasa yang berbeda dan apabila Anda berminat untuk memesan paket pernikahan murah tangerang bisa klik disini ya.

 

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *